Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2017

by Maret 25, 2017 0 komentar
   Penduduk merupakan kelompok orang yang berada pada suatu wilayah dan terikat oleh aturan-aturan atau norma yang ditentukan dan salin berkomunikasi. Pada ilmu sosiologi penduduk juga mempunya sebuah arti kumpulan manusia yang tinggal di suatu wilayah geografi pada ruang tertentu.
Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2017

Sedangkan penduduk suatu negara atau daerah dapat di artikan sebagai berikut:
 1. Orang yang tinggal di negara tersebut
 2. Orang yang legal atau hukum yang memiliki hak tinggal di negara tersebut

Tahukah kamu bahwa penduduk di dunia sekarang ini mengalami peningkatan yang saat ini mencapai 6 milyar lebih yang mana 80%nya tinggal di negara berkembang. Sedangkan Negara Amerika pada tahun 2001 mempredeksikan bahwa jumlah penduduk di suatu negara akan terus meningkat dan tumbuh dengan presentase pertumbuhan 2.4%/tahun.

Ternyata tidak hanya negara berkembang saja, seperti negara maju di Amerika juga akan mengalami pertumbuhan yang cepat dalam skala besar, tapi tetap saja pertumbuhan di negara berkembang jauh lebih besar lagi dari pada di negara maju.

Pada sensus kependudukan yang dilakukan pada tahun 2000 menunjukkan bahwa jumlah penduduk daerah perkotaan di Indonesia mencapai 85 juta jiwa, sehingga dengan presentasi kenaikan sebesar 4.40% per hatun dari tahun 1990 sampai 2000
Nah jumlah tersebut diperkirakan 42% dari jumlah seluruh penduduk di Indonesia. Kalau dilihat dari data tersebut, tahun ini bisa diperkirakan jumlah penduduk akan mengalami peningkatan yang drastis dan telah melampuai 100 juta jiwa dan sekarang hampir setengah jumlah penduduk di Indonesia yang tinggal di wilayah perkotaan.

Peningkatan penduduk itulah yang mengalami dampak sangat luas terhadap cara perencanaan dan pengelolahan infrastruktur di wilayah perkotaan. Peningkatan jumlah penduduk bisa disebabkan oleh perpindahan penduduk pedesaan yang mengadu nasibnya ke wilayah perkotaan atau urbanisasi.

Tentu ini menimbulkan dampak yang sangat luas terhadap upaya perencanaan dan pengelolaan infrastruktur wilayah perkotaan. Peningkatan jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan disebabkan oleh perpindahan penduduk pedesaan ke perkotaan atau disebut urbanisasi.

Upaya pemerintah dalam mengatasi jumlah penduduk yang membeludak ini adalah dengan adanya program KB, hal ini untuk meminimalisir  bertambahnya angka jumlah penduduk di Indonesia. Selain itu pemerintah juga melakukan pemerataan daerah yang jarang ditempati penduduk, kalau kita lihat di pulau jawa jumlah penduduk lebih banyak dari pada di pulau lain, sehingga sebagian penduduk di Pulau jawa ini disebarkan luaskan ke tempat-tempat yang jarang penduduk. 

   Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk dari waktu ke waktu. Dinamika penduduk ini dikarenakan, sebab adanya unsur-unsur yaitu kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk. secara umum, pertumbuhan penduduk bisa dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
1. Pertumbuhan penduduk Alami  
2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi
3. Pertumbuhan penduduk total

Pusat Informasi dan Konseling Pioner

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar